uang pecahan seratus ribu rupiah keluar dari amplop

Panduan Menghitung THR Karyawan Sesuai Aturan yang Berlaku

Selain upah tiap bulan, perusahaan memiliki kewajiban untuk membayar Tunjangan Hari Raya (THR) Keagamaan kepada karyawan. Hal mengenai perhitungan THR Keagamaan karyawan telah diatur dalam Permenaker No. 06 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan.

Syarat Mendapatkan THR

uang rupiah beberapa pecahan
woke.id

Dalam peraturan tersebut, ketentuan mengenai pemberian dan perhitungan THR Keagamaan telah tercantum dengan jelas. Pada Pasal 2 lebih jelas disebutkan bahwa perusahaan wajib memberikan THR Keagamaan kepada karyawan yang telah bekerja selama 1 bulan atau lebih secara terus-menerus.

THR Keagamaan tersebut diberikan kepada karyawan yang memiliki hubungan kerja dengan perusahaan, baik dengan perjanjian kerja waktu tertentu maupun perjanjian kerja waktu tidak tertentu.

Perhitungan THR: Aturan Pemberian

teller suatu bank sedang menghitung uang
katadata.co.id

Perhitungan THR untuk masing-masing karyawan berbeda-beda berdasarkan masa kerjanya. Rinciannya sebagai berikut:

  • Karyawan yang telah bekerja 12 bulan secara terus-menerus atau lebih berhak memperoleh THR Keagamaan sebesar 1 bulan upah.
  • Karyawan yang telah bekerja 1 bulan secara terus-menerus tetapi kurang dari 12 bulan berhak memperoleh THR Keagamaan yang dihitung secara proporsional. Perhitungan THR untuk kasus ini berdasarkan masa kerjanya. Rumusnya adalah masa kerja dibagi 12 bulan dan dikalikan dengan 1 bulan upah.

Ada pun komponen upah yang dimaksud adalah berupa upah tanpa tunjangan yaitu upah bersih atau upah pokok yang termasuk tunjangan tetap. Khusus untuk karyawan yang memiliki perjanjian kerja harian lepas, upah 1 bulan dapat dihitung sebagai berikut:

  • Karyawan yang telah bekerja 12 bulan atau lebih, upah 1 bulan dihitung berdasarkan rata-rata upah yang diterima selama 12 bulan terakhir sebelum hari raya keagamaan.
  • Karyawan yang bekerja kurang dari 12 bulan, upah 1 bulan dihitung berdasarkan rata-rata upah yang diterima selama masa kerjanya.

Aturan Tambahan Mengenai Pemberian THR

perhitungan thr - seseorang sedang memegang beberapa pecahan uang rupiah
dream.co.id

Aturan mengenai pemberian THR Keagamaan kepada karyawan tersebut dapat disesuaikan dengan perjanjian kerja, peraturan perusahaan, atau kebiasaan yang telah dilakukan selama tidak mengubah esensinya.

Selain itu, perlu diperhatikan juga beberapa aturan lain terkait pemberian THR kepada karyawan, yaitu:

  • THR Keagamaan diberikan kepada karyawan sebanyak 1 kali dalam satu tahun sesuai dengan harga raya keagamaan masing-masing karyawan.
  • Jika hari raya keagamaan terjadi lebih dari 1 kali dalam satu tahun, THR Keagamaan diberikan sesuai pelaksanaan hari raya keagamaan tersebut.
  • THR dibayarkan kepada karyawan sesuai hari raya keagamaan masing-masing kecuali ditentukan berbeda berdasarkan kesepakatan perusahaan dan karyawan.
  • Perusahaan wajib membayarkan THR Keagamaan kepada karyawan paling lambat 7 hari sebelum hari raya keagamaan tersebut.
  • THR Keagamaan yang diberikan oleh perusahaan adalah dalam bentuk uang dengan mata uang Rupiah.
  • Karyawan yang mengalami pemutusan hubungan kerja terhitung sejak 30 hari sebelum hari raya keagamaan berhak atas THR Keagamaan. Ketentuan ini hanya berlaku bagi karyawan dengan perjanjian kerja waktu tidak tertentu dan tidak berlaku bagi karyawan dengan perjanjian kerja waktu tertentu.
  • THR Keagamaan yang diberikan berlaku untuk tahun yang berjalan pada saat terjadinya pemutusan hubungan kerja.
  • Karyawan yang dipindahkan ke perusahaan lain dengan masa kerja berlanjut berhak memperoleh THR Keagamaan di perusahaan baru apabila belum mendapatkan di perusahaan lama.

Pemberian THR Keagamaan dari perusahaan kepada karyawan bersifat wajib. Jika pengusaha terlambat membayarkan kewajiban tersebut, dikenakan denda sebesar 5% dari total THR Keagamaan yang harus dibayar. Pengenaan denda tersebut tidak menghilangkan kewajiban pengusaha untuk membayar THR Keagamaan.

Nah, demikian aturan mengenai cara menghitung THR Keagamaan yang wajib diketahui oleh perusahaan. Untuk memudahkan dalam proses perhitungan ini, Anda bisa memanfaatkan software berupa OPTIMUM Payroll & HR Management System. Tersedia menu input THR untuk masing-masing karyawan pada software ini.

Anda bisa mencobanya terlebih dahulu dengan paket gratis untuk maksimal 5 karyawan. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui efektivitasnya jika diterapkan pada perusahaan. Selamat mencoba!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments