hiring

Proses Rekrutmen Karyawan: 5 Tips Agar HRD Tak Salah Pilih Talent

Proses rekrutmen karyawan adalah PR besar bagi seorang manajer HRD. Ya, tak asal posting lowongan pekerjaan, HRD juga bertanggung jawab menyeleksi kandidat yang benar-benar berkualitas dan tepat untuk perusahaan.

Alasannya jelas, memilih karyawan yang salah tidak hanya akan merugikan HRD dari sisi waktu. Perusahaan sebagai otoritas tertinggi pun akan turut dirugikan secara finansial karena menggaji orang yang tidak kompeten di bidangnya.

Nah, agar tak salah langkah, berikut panduan bermanfaat yang bisa Anda terapkan dalam proses rekrutmen karyawan/pegawai perusahaan.

1. Buat Lowongan yang Spesifik

proses rekrutmen karyawan

Jika ingin mencari kandidat yang betul-betul berkualitas, hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah membuat pengumuman lowongan pekerjaan yang spesifik. Sebagai contoh, Anda membutuhkan seorang digital marketing specialist, sebutkan dengan jelas syarat apa saja yang wajib dipenuhi, misalnya harus punya pengalaman mengelola FB Ads, Google Adwords, atau sejenisnya.

Jangan lupa untuk minta mereka melampirkan portfolio. Makin detail lowongan pekerjaan dibuat, makin spesifik pula kandidat yang melamar. Cara ini juga akan membuat kerja HRD lebih efisien karena tak perlu membuang waktu untuk menyortir ratusan email dari pelamar yang tidak memenuhi syarat.

2. Review Lamaran Masuk dengan Cermat

proses rekrutment karyawan

Dari satu lowongan pekerjaan yang diposting biasanya ada ratusan bahkan ribuan pelamar yang mengirimkan email-nya. Hal ini tentu akan sangat melelahkan, apalagi jika proses rekrutmen karyawan hanya dikerjakan oleh beberapa orang.

Meski begitu, pastikan Anda benar-benar menyeleksi lamaran yang masuk dengan cermat. Yang terpenting, pastikan keahlian yang mereka tulis di CV sesuai dengan posisi yang ditawarkan—tidak boleh kurang.

3. Sesuaikan dengan Value Perusahaan

proses rekrutmen karyawan

Ingat, sebagus apa pun kualitas seorang pelamar, dia tetap bukan orang yang tepat jika tak mempunyai kesesuaian value dengan perusahaan. Nah, value ini tak cukup hanya dilihat dari CV, tetapi juga saat interview.

Ada banyak jalan untuk mengetahui value seorang pelamar, misalnya dengan melihat motivasi melamarnya, prestasi yang pernah diraih, tujuan jangka panjang, dan lain-lain. Jangan lupa tanyakan juga apakah mereka benar-benar ingin berkarier di perusahaan ini dalam waktu lama atau justru hanya sebagai batu loncatan.

Nah, value pelamar ini bisa Anda jadikan tolok ukur untuk melihat apakah dia seorang yang tepat dan mampu berkontribusi secara signifikan terhadap perkembangan perusahaan atau tidak.

4. Manfaatkan Teknologi untuk Proses Rekrutmen Karyawan

proses rekrutmen karyawan

Recruitment karyawan adalah proses yang panjang dan melelahkan. Ada banyak tahap yang harus dilalui seorang manajer HRD sebelum akhirnya menjaring SDM berkualitas untuk ditempatkan di posisi tertentu di perusahaan.

Untuk mempermudah proses seleksi, gunakan software bantuan seperti OPTIMUM – Payroll & HR System. Platform ini dilengkapi dengan berbagai fitur menarik yang dapat membantu Anda dalam mengelola SDM perusahaan.

Salah satunya adalah fitur “Rekrutmen Karyawan Baru” yang dilengkapi dengan menu “Seleksi Pelamar”. Kelebihan menu ini adalah dapat diakses oleh multi-users sehingga proses seleksi pegawai pada tiap divisi bisa berjalan dengan mudah, cepat, dan efisien.

5. Jangan Abaikan Red Flag pada Proses Rekrutment Karyawan

Kualitas karyawan juga bisa dilihat dari attitude-nya. HR profesional seharusnya tidak mengabaikan hal-hal kecil, terutama saat wawancara. Umumnya, ketika interview calon karyawan kerap menunjukkan red flag. Anda harus cermat soal ini, sebab itu bisa jadi pertanda kalau pelamar memiliki kinerja yang buruk.

Red flag yang dimaksud bisa bermacam-macam. Satu kebiasaan yang sering dilakukan pelamar adalah terlambat hadir saat interview. Jika sudah begitu, bisa disimpulkan bahwa pelamar bukan individu yang disiplin.

Mencari kandidat yang berkualitas sekaligus sesuai dengan kebutuhan perusahaan memang bukan hal yang mudah. Namun, dengan metode yang tepat, proses rekrutmen karyawan dijamin akan berjalan lebih efisien.

Jika Anda punya pertanyaan terkait fitur atau harga layanan OPTIMUM – Payroll & HR Management System, kunjungi website resmi kami sekarang!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments