Cara Membuat KPI

Tepat Sasaran! Cara Membuat KPI dengan 5 Langkah Jitu

Agar performa perusahaan tetap prima, evaluasi kinerja karyawan secara terukur perlu dilakukan secara berkala. Keterukuran menjadi sebuah poin penting yang harus diperhatikan. Dengannya, analisis dan simpulan atas hasil kerja karyawan dapat lebih terpantau. Key Performance Indicators, atau disingkat KPI, merupakan indikator penting yang umum digunakan untuk mengukur kinerja karyawan.

Secara umum, KPI perusahaan dapat dibedakan dalam dua jenis, yaitu sebagai indikator finansial dan indikator nonfinansial. Sebagai indikator finansial, KPI diterapkan dalam kinerja utama yang berkaitan dengan finansial (keuangan). Misalnya, indikator untuk laba bersih, laba kotor,margin laba bersih, margin laba kotor, dan rasio lancar. Sebaliknya, KPI nonfinansial menjadi indikator untuk kinerja utama yang tidak berhubungan dengan keuangan perusahaan secara langsung. Indikator untuk mengevaluasi pangsa pasar, pelanggan berulang, dan perputaran tenaga kerja merupakan beberapa di antara contohnya. Lalu, bagaimanakah cara membuat KPI?

KPI Perusahaan, Penting Bagi Karyawan dan Perusahaan

Cara Membuat KPI
KPI Perusahaan

Sebelum masuk ke cara membuat KPI, perlu dipahami bahwa KPI perusahaan yang baik harus mudah dimengerti oleh berbagai pihak yang terkait. Bagi karyawan, KPI merupakan target kinerja yang diharapkan untuk dicapai. Sementara itu, bagi perusahaan, indikator ini menyajikan informasi sejauh mana keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuan yang ditargetkan.

Melalui indikator yang terukur ini, proses evaluasi kinerja karyawan menjadi lebih berimbang. Selain itu, karyawan pun akan lebih memahami harapan perusahaan terhadap peran yang sedang dijalaninya. Hasil pengukuran menggunakan KPI juga dapat dijadikan sebagai acuan nilai yang mendasari pemberian penghargaan atau reward bagi karyawan. Pemberian penghargaan yang sesuai dengan kinerja dapat memompakan semangat bagi seluruh karyawan untuk meningkatkan produktivitas.

5 Langkah Membuat KPI Perusahaan agar Tepat Sasaran

Cara Membuat KPI
Key Performance Indicator

Kesadaran atas pentingnya indikator kinerja ini perlu diikuti dengan pemahaman cara membuat KPI yang baik. Selain mudah dimengerti, indikator ini harus tepat sasaran sehingga dapat memberikan umpan balik yang bermanfaat bagi kemajuan perusahaan.

Berikut inilah cara membuat KPI yang dapat Anda coba sehingga indikator penting ini efektif dan tepat guna.

1.  Tentukan hasil apa yang ingin diperoleh

Ketika menyusun KPI perusahaan, kenali terlebih dahulu parameter apa saja yang ingin diketahui melalui indikator tersebut. Selanjutnya, pastikan Anda menyusun pertanyaan yang dapat menuntun karyawan memberikan jawaban yang tepat sasaran.

2.  Melakukan review atas pekerjaan yang telah dilakukan, baik pekerjaan individual ataupun proyek

Galilah kesadaran karyawan atas sumbangsihnya terhadap perusahaan. Karyawan dapat mengungkapkan kinerja dan prestasi yang pernah diraihnya di antara dua periode evaluasi, baik hal tersebut dicapai secara individual maupun proyek bersama tim.

3.  Melakukan review atas rencana yang ingin dilakukan karyawan dan kontribusinya terhadap tim/pekerjaan

Bukan hanya mengevaluasi yang telah lalu, indikator kinerja semestinya juga dapat menggali potensi, aspirasi, inovasi, dan ide-ide karyawan. Dengannya, perusahaan dapat memahami inisiatif serta keterikatan karyawan terhadap perusahaan. Hal ini dapat menjadi dasar bagi manajemen untuk memetakan secara lebih tepat tentang arah karier karyawan di masa yang akan datang. Sementara itu, masukan-masukan dari karyawan juga dapat bermanfaat bagi perusahaan.

4.  Melakukan crosscheck terhadap penanggung jawab karyawan

Pastikan bahwa segala jawaban karyawan dapat dipertanggungjawabkan. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan pengecekan silang terhadap pihak-pihak yang bertanggung jawab atas pekerjaan karyawan terkait.

5.  Menentukan bobot setiap KPI untuk mempermudah proses pengambilan kesimpulan

Berikan nilai-nilai berupa angka yang terukur untuk setiap poin pertanyaan dalam indikator. Tentukanlah pertanyaan mana saja yang memiliki bobot tinggi, sedang, atau rendah. Dengan menggunakan angka, total perhitungan dapat dilakukan lebih terukur.

Membuat KPI memang cukup memakan waktu dan menguras tenaga. Untungnya, kini Anda juga dapat menggunakan software OPTIMUM-Payroll & HR Management System sebagai cara membuat KPI. Bukan hanya membuat indikator, aplikasi ini juga dapat mengelola data yang terkumpul. Melalui fitur “Indikator Kinerja”, analisis dan pengambilan simpulan atas kinerja karyawan pun lebih cepat tersaji di hadapan Anda. Menyusun dan mengelola KPI perusahaan pun menjadi jauh lebih mudah.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments